Kemensos Bangun 37 Rumah KAT di Suator

Kemensos Bangun 37 Rumah KAT di Suator

ASMAT | Kementerian Sosial (Kemensos) memprogramkan pembangunan perumahan bagi Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Kampung Soray, Distrik Suator, Kabupaten Asmat pada 2018.

 

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Asmat, Amir Makhmud mengatakan, proyek perumahan komunitas adat terpencil tersebut merupakan bagian dari program pemberdayaan yang diprogramkan Kemensos selama beberapa tahun terakhir.

 

Menurut dia, program itu dilaksanakan secara terpadu. Di mana Kementerian Sosial membangun rumah KAT, sedangkan Dinsos Kabupaten Asmat membangun MCK dan dapur.

 

“Pembangunan rumah KAT di Asmat tahun ini untuk 37 Kepala Keluarga (KK) di Kampung Soray, Distrik Suator. Perumahannya dari Kemensos, sementara kami bangun MCK dan dapur. Kami sharing dengan kementerian,” kata Amir, Senin (18/6).

 

Dijelaskan, proyek perumahan itu dibiayai Pemerintah Pusat melalui APBN dan Pemkab Asmat melalui APBD dengan total anggarannya Rp3 miliar lebih. 

 

“Dana pembangunan rumah dari APBN, sementara untuk dapur dan MCK itu dari APBD. Anggaran keseluruhannya Rp3 miliar lebih,” sebut Amir.

 

Untuk tahun depan, Kementerian Sosial dan Dinsos Kabupaten Asmat kembali mendorong pembangunan rumah bagi masyarakat KAT di Kampung Ayaks, Distrik Koroway Buluanop.

 

Selain Ayaks, ada satu kampung lagi di Distrik Pantai Kasuari yang akan didorong ke dalam program pemberdayaan komunitas adat terpencil. 

 

“Untuk Ayaks ini tahun depan baru kami dorong ke sana, dengan ada satu kampung lagi di daerah Pantai Kasuari,” ujar dia.

 

Ia menambahkan, program KAT ditujukan kepada masyarakat yang secara lingkup sosial hidup di daerah terpencil, jauh dan sulit terjangkau. (NT/SP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *